Tentang IPB




Gedung Rektorat IPB



Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara agraris, dimana mata pencaharian mayoritas penduduk di Indonesia adalah sebagai petani. Didukung dengan lahan yang luas, tanah yang subur, air yang melimpah, dan faktor penunjang lainnya, pantas saja bagi Indonesia untuk menjadi pengekspor bahan pangan yang cukup besar di dunia. Hal ini tentu akan menambah pendapatan negara. Namun, menjadi petani di Indonesia ternyata bukan merupakan pekerjaan yang menjanjikan bagi sebagian orang. Kenyataannya, masih banyak petani yang hidup serba kekurangan. Mungkin dikarenakan oleh kualitas SDM yang masih rendah. Oleh karena itu, dibentuklah IPB (Institut Pertanian Bogor) yang ditujukan untuk memajukan pertanian Indonesia agar menjadi lebih baik lagi sehingga bisa menaikkan taraf hidup masyarakat. 



Sejarah Singkat


IPB (Institut Pertanian Bogor) adalah salah satu perguruan tinggi yang disegani di Indonesia. Kampus ini terletak di Kota Hujan, Bogor. IPB berdiri sejak tahun 1963, lebih tepatnya pada tanggal 1 September 1963. Sebenarnya, Institut Pertanian Bogor ini dulunya hanya sebuah Fakultas Pertanian Universitas Indonesia (UI) yang terletak di Bogor. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, tanggal 1 September 1963 Fakultas Pertanian UI ini resmi melepaskan diri dari UI setelah disahkan oleh Presiden Soekarno sehingga membentuk Institut Pertanian Bogor atau yang kita kenal sebagi IPB ini. Awalnya, IPB setelah dibentuk hanya memiliki 5 fakultas (Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Kehutanan). Akan tetapi, fakultas yang dulu hanya 5 sekarang semakin berkembang hingga menjadi 9 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana, dan Program Diploma, yaitu:
  • - Fakultas Pertanian 
  • - Fakultas Kedokteran Hewan 
  • - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 
  • - Fakultas Peternakan 
  • - Fakultas Kehutanan 
  • - Fakultas Teknologi Pertanian 
  • - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 
  • - Fakultas Ekonomi Manajemen 
  • - Fakultas Ekologi Manusia 
  • - Fakultas Pascasarjana
  • - Program Diploma


Visi dan Misi


Seperti Perguruan Tinggi lainnya, IPB juga memiliki visi dan misi yang sangat mulia. Visi dan misi tersebut adalah:

Visi


‘‘Menjadi perguruan tinggi berbasis riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan”

Misi 


  • - Menyelengarakan pendidikan tinggi bermutu tinggi dan pembinaan kemahasiswaan yang komprehensif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa. 
  • - Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai kebutuhan masyarakat agraris dan bahari pada masa sekarang dan kecenderungan pada masa yang akan datang. 
  • - Membangun sistem manajemen perguruan tinggi yang berkarakter kewirausahaan, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. 
  • - Mendorong terbentuknya masyarakat madani berdasarkan kebenaran dan hak asasi manusia. 

Tujuan dan Motto


Adapun tujuan dan motto dari IPB ialah:

Tujuan

  • - Menguatkan sistem pendidikan dan kemahasiswaan dengan fokus menghasilkan lulusan yang kompeten, cerdas dan kompetitif. 
  • - Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian terintegrasi sehingga menghasilkan temuan ilmu pengetahuan, paket teknologi yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat (swasta, pemerintah dan lainnya). 
  • - Meningkatkan kesejahteraan dosen, tenaga penunjang, dan bantuan/subsidi bagi pendidikan mahasiswa. 
  • - Meningkatkan kapasitas sumberdaya untuk membangun ketangguhan institut. 
  • - Menguatkan sistem manajemen untuk menyempurnakan sistem manajemen institut dalam rangka mencapai kesehatan organisasi. 

    Motto

    "Searching and Serving the Best"
    "Mencari dan Memberi Yang Terbaik"



    Prestasi


    Sekedar info, IPB merupakan 5 besar Perguruan Tinggi di Indonesia. IPB terus bersaing bersama UI, UGM, ITB, dan UNAIR untuk selalu menjadi yang terbaik. Selain itu, Institut yang pada tanggal 1 September kelak tepat berusia setengah abad ini merupakan perguruan tinggi paling inovatif di Indonesia. Buktinya, dalam 104 Inovasi Indonesia 2012, 46,1% Inovasi berasal dari IPB. Lalu, IPB merupakan salah satu dari hanya 5 PTN yang memperoleh AKREDITASI INSTITUSI A (Sangat Baik). Tak hanya itu, Institut yang sekarang dipimpin oleh Prof. Dr. Herry Suhardiyanto ini berhasil menghasilkan alumni yang berprestasi seperti SBY (Presiden RI), Gigin M (Penemu Boneka Horta), Adhiyaksa Dault (Mantan Menpora), dan juga alumni lainnya.


    Jayalah IPB, tetaplah menjadi yang terbaik.

    "Do the best and be the best"



    Sumber: http://www.ipb.ac.id, http://admisi.ipb.ac.id, serta sumber-sumber pendukung lainnya.



    Terima kasih telah membaca artikel tentang Tentang IPB dan anda bisa menemukan artikel Tentang IPB ini dengan url http://per-tani-an.blogspot.com/2013/03/Tentang-IPB.html ,anda boleh menshare artikel dengan judul Tentang IPB ini jika menurut anda artikel ini menarik dan bermanfaat, akan tetapi jangan lupa untuk meletakkan link Tentang IPB di bawah ini sebagai sumbernya.
    Dan juga jangan lupa untuk mendukung saya agar bisa menjadi juara dalam Lomba Blog Tagline IPB Tentang Pertanian ini. Kunjungi juga blog ini http://lombablogtagline.blogspot.com agar dukungan anda semakin banyak.

    3 komentar: