Penjelasan Tagline "Cangkul Berayun, Rakyat Tersenyum"

Ya, "Cangkul Berayun, Rakyat Tersenyum". Itulah tagline yang saya ajukan dalam lomba blog tagline IPB. Dilihat sekilas, tagline tersebut terkesan aneh. Akan tetapi, tagline yang saya ajukan ini penuh makna. Apa makna yang terkandung dalam tagline tersebut? Berikut saya berikan penjelasan mengenai tagline "Cangkul Berayun, Rakyat Tersenyum". Akan tetapi akan saya pecah artinya menjadi dua bagian agar para pembaca lebih mudah memahaminya. Ini dia penjelasannya :

Cangkul Berayun

Cangkul, alat ini tak lepas dari tangan para petani. Keberadaan cangkul di dunia pertanian sangat vital bagi para petani. Saya rasa, cangkul adalah alat bertani yang "wajib" bagi para petani di Indonesia. Hampir tidak ada petani yang tidak menggunakan cangkul sebagai alat bertani. Petani modern, petani tradisional, petani sawah, petani kebun, petani spesialisasi, ataupun petani diversifikasi semua memakai cangkul. Kalau saya boleh berpendapat, mungkin bukan petani namanya kalau belum memegang cangkul di tangannya.

Kata "Cangkul Berayun" dalam tagline saya ini melambangkan tentang aktivitas para petani. Cangkul berayun berarti cangkul yang bergerak. Cangkul yang bergerak inilah yang menjadi pertanda aktivitas bertani yang dilakukan oleh para petani. Jadi, kata "Cangkul Berayun" dapat diartikan sebagai aktivitas bertani.

Rakyat Tersenyum

Rakyat tersenyum. Ya, memang jika sebuah negara yang baik adalah negara yang dapat membahagiakan rakyatnya. Rakyat harus dibuat bahagia, entah itu bahagia dari segi ekonomi, dari segi psikis, hingga dari segi sumber daya. Lalu, siapa yang bisa membahagiakan rakyat? Salah satunya adalah petani. Mereka dapat memberikan kebahagiaan kepada rakyat dengan cara bertani dan menghasilkan makanan bagi rakyatnya. Bayangkan saja jika tidak ada petani, kita akan makan apa? Siapa yang menyediakan beras? Siapa yang menyediakan bawang, jagung, cabai, kedelai, dll? Oleh karena itu, petani juga bisa membuat rakyat tersenyum.

Berdasarkan dua penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tagline "Cangkul Berayun, Rakyat Tersenyum" mempunyai arti bahwa jika petani beraktivitas dan menghasilkan hasil tani, maka akan membuat rakyat menjadi bahagia. Hal ini menunjukkan sebuah implikasi antara petani dan rakyat yang tidak dapat dipisahkan. Jika cangkul berayun, maka rakyat dapat tersenyum. Oleh karena itu, kita sebagai rakyat harus berterima kasih kepada para petani yang telah membuat kita tersenyum bahagia hingga kini.
Terima kasih para petani.



x_3d4e45fa photo x_3d4e45fa_zpsc095a911.gif

Terima kasih telah membaca artikel tentang Penjelasan Tagline "Cangkul Berayun, Rakyat Tersenyum" dan anda bisa menemukan artikel Penjelasan Tagline "Cangkul Berayun, Rakyat Tersenyum" ini dengan url http://per-tani-an.blogspot.com/2013/03/tagline-pertanian.html ,anda boleh menshare artikel dengan judul Penjelasan Tagline "Cangkul Berayun, Rakyat Tersenyum" ini jika menurut anda artikel ini menarik dan bermanfaat, akan tetapi jangan lupa untuk meletakkan link Penjelasan Tagline "Cangkul Berayun, Rakyat Tersenyum" di bawah ini sebagai sumbernya.
Dan juga jangan lupa untuk mendukung saya agar bisa menjadi juara dalam Lomba Blog Tagline IPB Tentang Pertanian ini. Kunjungi juga blog ini http://lombablogtagline.blogspot.com agar dukungan anda semakin banyak.

3 komentar:

  1. Wahh bagus artieklnya kawan :) ,, semangat memajukan pertanian indonesia .....
    ditunggu visit and comentnya ya di http://prayogarahmat.blogspot.com/2013/02/lomba-blog-tagline-dengan-tema-tagline_21.html

    BalasHapus