Petani ini Juga Bisa Menciptakan Robot

Wu Yulu Lomba Tagline IPB
Wu Yulu Bersama Robotnya

Wu Yulu namanya. Dilihat dari namanya saja, kita bisa menebak kalau beliau berasal dari salah satu negara oriental. Ya, Wu Yulu adalah orang China. Wu tinggal di Desa Mawu, dekat Beijing. Usianya sebenarnya "baru" berkepala empat. Akan tetapi, inovasinya sudah dapat mengguncang dunia. Bagaimana tidak? Beliau berhasil menemukan robot. Padahal, beliau hanya seorang petani. Pendidikannya pun hanya sampai Sekolah Dasar. Mungkin jika kita melihat dari sisi pendidikan, maka kita akan mengatakan mustahil. Akan tetapi tidak bagi Wu karena beliau telah berhasil membuktikannya. 


Namun, perjuangan Wu Yulu dalam mebuat robot tak semulus dan tak semudah yang kita kira. Awalnya, keluarga Wu banyak yang menyangsikan robot-robot penemuannya. Membuat robot memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, akan tetapi Wu pantang menyerah dan terus berusaha mencoba tanpa menghiraukan keadaan ekonominya. Alhasil, keluarga Wu mengalami krisis ekonomi dan jatuh ke jurang hutang.
Meskipun keluarganya terlilit hutang, mental ayah dua anak ini tetap hebat. Justru hal ini dijadikan batu loncatan baginya. Ia terus mencoba membuat robot yang dijual demi membayar hutang-hutang keluarganya. Akan tetapi, pejualan robot-robot Wu masih belum bisa menutupi seluruh hutangnya. Istri dan anaknya pun mulai pesimis dengan robot-robot ciptaan Wu. Mereka selalu mengingatkan agar tidak terlalu boros dalam mengeluarkan uang untuk robotnya mengingat keluarga mereka sedang dililit hutang. Akan tetapi, Wu memang “keras kepala”. Beliau tetap tidak mau menyerah dan terus membuat robot. Namun, karena “keras kepala”, Wu akhirnya harus cerai dengan istrinya.
Bukan Wu Yulu namanya kalau ditimpa masalah menjadi menyerah. Wu masih terus berusaha keras. Sampai akhirnya robot-robotnya dapat menghasilkan uang yang cukup banyak setelah melalui kerjasama dengan pihak swasta dan universitas di China. Alhasil, penemuannya semakin baik dan pendapatannya semakin banyak. Wu berhasil menemukan robot laba-laba yang mampu memanjat dinding, robot yang dapat menyulut api kepada perokok, robot yang mampu memainkan alat music, menulis kaligrafi, dan bahkan ada robot yang bisa membawa tandu.
Berikut salah satu kutipan dari Wu Yulu yang mungkin dapat menginspirasi kita:
"Sampai sekarang, saya tidak tahu teori fisika, tapi saya tahu listrik yang dapat menggerakkan motor listrik dan dapat ditransfer ke tangan dan kaki robot dengan tuas dan kabel"
Jadi, intinya kita harus tetap berusaha meskipun dengan kemampuan dan pengetahuan yang terbatas. Karena dengan mencoba, lambat laun kemampuan kita akan bertambah. Kalau tidak mencoba, kapan lagi kita bisa berhasil?
Nah, kalau petani saja mampu membuat penemuan yang menggelegar, kenapa kita tidak?



x_3d4e45fa photo x_3d4e45fa_zpsc095a911.gif

Tags: Institut Pertanian Bogor (IPB)Admisi IPBLomba IPB
Terima kasih telah membaca artikel tentang Petani ini Juga Bisa Menciptakan Robot dan anda bisa menemukan artikel Petani ini Juga Bisa Menciptakan Robot ini dengan url http://per-tani-an.blogspot.com/2013/03/lomba-ipb-petanirobot.html ,anda boleh menshare artikel dengan judul Petani ini Juga Bisa Menciptakan Robot ini jika menurut anda artikel ini menarik dan bermanfaat, akan tetapi jangan lupa untuk meletakkan link Petani ini Juga Bisa Menciptakan Robot di bawah ini sebagai sumbernya.
Dan juga jangan lupa untuk mendukung saya agar bisa menjadi juara dalam Lomba Blog Tagline IPB Tentang Pertanian ini. Kunjungi juga blog ini http://lombablogtagline.blogspot.com agar dukungan anda semakin banyak.

3 komentar:

  1. Hebat bro, setuju. Memang benar tdk cuma orng" yg berlebel pelajar saja yg bisa membuat robot dng otak ditangannya, ptani pun bisa.Smangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Oleh karena itu, jangan sekali-kali meremehkan petani.

      Hapus
  2. ternyata petani tidak hanya mengolah tanah. makasih infonyaw

    BalasHapus